TERNYATA Inilah 7 Amalan Yang Bisa Menghapus Dosa Seumur Hidup - NO. 4 Paling Simpel..

Insyaallah - tumpukan dosa yang menggumpal bukan berarti tidak dapat dihapus. bermacam - macam kebaikan yang dicoba dengan ikhlas sanggup meleburnya. sepanjang dosa itu bukanlah dosa besar yang menyebabk kekafiran. karena kekafiran cuma dapat diganti dengan berulang dalam dekapan islam.

berikut ini merupakan 7 amalan yang mampu menghapuskan dosa. apa aja itu?

1. taubat

kesalahan dapat dicoba siapa aja. tidak terkecuali pakar ibadah sekalipun. karenanya, orang yang tersadu bukan mereka yang tidak sempat terjerembab dalam kekeliruan. tetapi, mereka yang senantiasa menyadari kesalahannya, kemudian bertaubat. dan juga tidak menunda taubatnya walaupun sedetik juga.

“langsung bertaubat dari dosa, ” tutur imam ibnul qayyim, “merupakan keharusan yang tidak dapat ditunda - tunda. bila taubat ditunda, dia hendak menimbulkan maksiat lain akibat penundaan itu. ”

begitu berartinya taubat karna dia merupakan gerbang seluruh ampunan. dia merupakan bentuk pengakuan hamba atas dosanya, dan juga jembatan pengakuan allah untuk ampunan - nya. taubatlah yang jadi kunci kebaikan buat menghapus dosa kesalahan seseorang hamba.

allah ta’ala berfirman, “…kecuali orang - orang yang bertaubat, beriman dan juga mengerjakan amal shalih, hingga kejahatan mereka ditukar dengan kebaikan. dan juga merupakan allah maha pengampun lagi maha penyayang. ” (qs. furqan : 70).

2. sedekah

sehabis gerbang ampunan terbuka, ibadah selanjutnya yang dapat melebur dosa ialah sedekah. baik yang dicoba dengan terang - terangan ataupun sembunyi - sembunyi.
allah berfirman, “jika kalian menampakkan sedekah (mu) hingga itu merupakan baik sekali. dan juga bila kalian menyembunyikannya dan juga kalian bagikan kepada orang - orang fakir, hingga menyembunyikan itu lebih baik untuk kalian. dan juga allah hendak menghapuskan dari kalian sebagian sebagian kesalahanmu, dan juga allah mengenali apa yang kalian kerjakan. ” (qs. al - baqarah : 271).

rasulullah saw bersabda, “…sedekah itu mematikan (melebur) kesalahan dan juga takwa itu menewaskan kesalahan serupa air memadamkan api. ” (h. r. thabrani).

sedekah berasal dari kata shadaqa yang berarti benar. orang yang suka bersedekah ialah orang yang benar pengakuan imannya. bagi terminologi syariah, penafsiran sedekah sama dengan penafsiran infak, baik hukum ataupun bebrapa syarat universal yang lain. cuma aja, bila infak condong berkaitan dengan modul, sedekah mempunyai makna lebih luas. sedekah enyangkut pula perihal yang bertabiat non - materi. hadits riwayat imam muslim dari abu dzar, rasulullah saw melaporkan kalau bila tidak sanggup bersedekah dengan harta, hingga membaca tasbih, membaca takbir, tahmid, tahlil, terpaut suami - istri, ataupun jalani kegiatan amar ma’ruf nahi mungkar tercantum sedekah. dalam hadits lain yang pula diriwayatkan muslim, rasulullah saw mengatakan kalau tersenyum kepada kerabat yang lain itu sedekah.

3. jihad

ibadah yang lain yang masih berkaitan langsung dengan harta dan juga pahalanya sanggup melebur dosa merupakan jihad. jihad di jalur allah yang dicoba dengan ikhlas mampu melebur dosa. baik yang dicoba dengan harta maupun
jiwa. “… (ialah) kalian beriman kepada allah dan juga rasul - nya dan juga berjihad di jalur allah dengan harta dan juga jiwamu. seperti itu yang lebih baik untuk kalian bila kalian mengenali, niscaya


allah hendak mengampuni dosa - dosamu dan juga memasukkan ke dalam surga…” (qs. ash - shaff : 11 - 12).

karenanya, para teman rasulullah saw senantiasa berlomba menyongsong seruan jihad. kendati mereka sudah menginfakkan harta, tetapi itu tidak membikin mereka puas buat tidak turut berjuang di jalur allah. untuk mereka, syahid di jalur allah merupakan kunci utama buat memperoleh ampunan allah.

dari abu hurairah ra, rasulullah saw bersabda, “orang yang mati syahid hendak diampuni dosanya pada percikan darah yang kesatu, dan juga hendak dikawinkan dengan 2 bidadari dan juga hendak berikan syafaat 7 puluh dari anggota keluarganya…, ” (h. r. thabrani).

4. wudhu

untuk mereka yang tidak pernah berjihad bukan berarti pintu melebur dosa tertutup. ibadah tiap hari yang kita jalani dengan ikhlas dan juga setimpal tuntutan rasulullah saw, pula dapat menghapus dosa.

rasulullah saw bersabda, “sesiapa yang berwudhu serupa wudhuku ini, hingga dosa - dosanya yang terdahulu hendak diampuni. sebaliknya shalatnya, jalannya mengarah masjid merupakan amalan ekstra, ” (h. r. muslim dan juga nasa’i). ”

5. shalat

tidak hanya itu, shalat menggambarkan kaffarah (penebus) dosa dan juga kesalahan seseorang hamba. perumpamaan orang yang melaksanakan shalat 5 waktu satu hari tadi malam ibarat orang yang di depan rumahnya mengalir sungai dan juga dia mandi 5 kali satu hari. tidak hendak terdapat kotoran yang tersisa. “begitulah perumpamaan shalat 5 waktu. dengan shalat itu allah hendak melebur sebagian kesalahan (hamba - nya) , ” tutur rasulullah saw serupa diriwayatkan bukhari dan juga muslim.

dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh muslim dan juga tirmidzi kalau rasulullah saw melaporkan, “shalat 5 dikala, shalat jum’at mengarah jum’at selanjutnya merupakan pelebur dosa di antara mereka, sepanjang dosa - dosa besar tidak dilanggar. ”

6. puasa

beribadah puasa yang dikerjakan dengan penuh keimanan dan hanya mengharap ridha allah pula mampu melebur dosa. “sesiapa berpuasa ramadhan dengan iman dan juga ikhlas (mencari pahala lantaran allah) jadi diampunilah dosanya yang telah lewat. ” (h. r. bukhari muslim).

terlebih apabila puasa ramadhan diiringi dengan puasa syawal 6 hari sesudahnya. “sesiapa yang puasa ramadhan dan menemaninya dengan puasa 6 hari di bln. syawal, jadi dia hendak keluar dari dosa - dosanya serupa pada hari dia dilahirkan ibunya, ” sekian sabda rasulullah saw serupa yang diriwayatkan thabrani dalam mu’jam al - ausath - nya.

puasa ayyamul bidh (3 hari masing - masing pertengahan bln. hijriyah) mampu pula jadi pelebur dosa. dalam mu’jam al - kabir - nya thabrani meriwayatkan, dari maimunah binti sa’ad bahwa rasulullah saw bersabda, “dari masing - masing bln. 3 hari, siapapun yang mampu melaksanakannya, jadi (pahala) tiap harinya mampu melebur 10 kali kekeliruan dan ia bersih dari dosa serupa air bereskan pakaian. ”

7. haji

bahwa ibadah setiap hari (serupa shalat) , bulanan (serupa puasa sunnah) , ataupun tahunan (serupa puasa ramadhan) sanggup melebur dosa, begitu pula dengan ibadah haji yang diharuskan sekali seumur hidup untuk yang sanggup.

rasulullah saw bersabda, “sesiapa yang melakukan haji, kemudian tidak berdialog kotor dan juga tidak fasik, ia hendak berulang (diampuni) dari dosanya bagaikan mana dia dilahirkan ibunya, ” (h. r. bukhari muslim).

begitulah kesempurnaan islam dan juga keutamaan umat nabi muhammad. hari - harinya penuh dengan pahala yang sanggup melebur dosa kesalahannya.


mudah - mudahan dosa - dosa kita dihapus dan juga diampuni oleh - nya. aamiin.








( sumber: http:// redaksimuslimin. blogspot. com/2017/07/ternyata-inilah-7-amalan-yang-bisa. html )

Belum ada Komentar untuk "TERNYATA Inilah 7 Amalan Yang Bisa Menghapus Dosa Seumur Hidup - NO. 4 Paling Simpel.."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel