Wow! Ternyata Makan Mangga Madu Bisa Bikin Awet Muda

Siapa yang tidak ingin memiliki wajah awet muda dan tanpa kerutan meski usia terus bertambah. Ternyata tidak banyak yang tahu, buah mangga madu bisa membantu mengurangi kerutan halus di wajah.

Melansir dari Suara.com, Selasa (01/12), mangga pada umumnya kaya akan beta-karoten yang menyediakan antioksidan sehingga dapat menunda kerusakan sel.

Sebuah studi baru dari para peneliti di University of California, Davis, menemukan bahwa makan mangga madu dapat mengurangi kerutan wajah pada lansia perempuan dan membuat kulit lebih cerah. Studi tersebut telah dipublikasikan di jurnal Nutrients.

Perempuan pascamenopause yang makan setengah cangkir mangga madu empat kali seminggu mengalami penurunan keriput sebesar 23 persen setelah dua bulan dan 20 persen lagi setelah empat bulan. "Itu peningkatan signifikan pada kerutan," ujar penulis utama Vivien Fam, seorang mahasiswa doktoral di Departemen Gizi UC Davis.

"Perempuan yang makan satu setengah cangkir mangga untuk periode waktu yang sama mengalami peningkatan kerutan. Ini menunjukkan bahwa walau beberapa mangga mungkin baik untuk kesehatan kulit, namun terlalu banyak mungkin tidak baik," tambah Fam.

foto-foto: suara.com

Para peneliti mengatakan terlalu banyak makan mangga akan terkait dengan jumlah gula yang lebih tinggi sehingga bisa jadi malah tak baik untuk kesehatan. "Sistem yang kami gunakan untuk menganalisis kerutan memungkinkan untuk memberikan visualisasi kerutan dan mengukur kerutan," ujar Robert Hackman, profesor di Departemen Nutrisi dan penulis terkait studi tersebut.

Fam mengatakan, penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk mempelajari mekanisme di balik pengurangan keriput terkait dengan konsumsi mangga. Menurutnya, efek ini mungkin terjadi karena efek menguntungkan dari karotenoid (pigmen tanaman oranye atau merah) dan fitonutrien yang bisa membantu membangun kolagen.

Sumber: 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel