Sering Lihat Benjolan Pada Tangan? Ini Penjelasannya

Pernahkan melihat seseorang memiliki benjolan di tangan atau kaki? Hal itu bisa jadi merupakan benjolan ganglion cysts atau kista kantong sendi atau biasa dikenal kista ganglion.

Dikutip dari grid.id, Selasa (17/11), gumpalan ganglion adalah jenis massa yang menonjol dan timbul di tangan serta dapat tumbuh di bagian atas, samping, atau bawah pergelangan tangan.

foto: grid.id

Gumpalan ganglion juga dapat timbul di ujung persendian jari-jari hingga di bagian bawah jari-jari dalam berbagai ukuran.

Kadang, ganglion dapat tumbuh lebih besar bila pergelangan tangan terus-menerus beraktivitas.Sebaliknya, semakin sedikit aktivitas pergelangan tangan, benjolan ganglion pun dapat semakin mengecil.

Ganglion dapat keluar dari persendian dan berbentuk mirip balon.Bagian dalam dari balon menggumpal tersebut terasa tebal, licin, cair, dan serupa cairan yang me ubrikasi persendian.

Ini biasanya terjadi pada orang yang berusia 15 – 40 tahun dan kebanyakan dialami wanita atau pesenam. Ganglion yang tumbuh di ujung sendi jari disebut kista mucous yang timbul karena artritis pada sendi jari-jari.

Akan tetapi, kista mucous ini biasanya timbul pada orang yang berusia 40 – 70 tahun.

Beberapa gejala kista ganglion, seperti:

1. Benjolan yang membesar di dekat pergelangan tangan atau sendi jari

2. Bulat, kenyal, dan halus

3. Berisi cairan

4. Ukuran tergantung pada tingkat aktivitas sendi, menjadi lebih besar ketika sering menggerakkan sendi yang terkena dan tumbuh lebih kecil ketika sendi banyak diistirahatkan

5. Biasanya tidak sakit, meskipun dalam beberapa kasus kista dapat menyebabkan tekanan pada saraf dekat sendi, yang dapat menyebabkan rasa sakit, kelemahan, atau mati rasa.

Sejauh ini, penyebab kista ganglion secara pasti hingga kini belum diketahui. Namun, gangguan kesehatan ini bisa muncul saat cairan sinovial yang mengelilingi sendi atau tendon bocor, terkumpul, hingga membentuk benjolan.

Penyakit ini umumnya tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Akan tetapi, dokter terkadang menyarankan perawatan dengan operasi ganglion apabila gangguan kesehatan ini memicu nyeri dan mengganggu pergerakan sendi.

Cara mengatasi kista ganglion lainnya adalah dokter menghilangkan isi kista dengan jarum suntik. Area kista ganglion yang sudah disedot lantas disuntik dengan obat steroid untuk mencegah penyakit itu kambuh.

Jika kamu atau orang sekitar merasa ada tanda-tanda kista jenis ini, hubungi dokter untuk saran terbaik.

Sumber: try-widiyantie

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel