Ingin Didoakan Malaikat Saat Mencari Nafkah? Begini Caranya....

SEDANG sibuk bekerja menafkahi keluarga? Ini amalan mulia! Sempurnakan dengan sedekah. Karena malaikat, akan mendoakan mereka yang mencari nafkah dan bersedekah di jalan Allah Ta'ala

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, "Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga)." Malaikat yang lain berdoa, "Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah)." (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010).

Doa Malaikat

Dikutip mozaik.inilah.com, Ibnu Batthol menjelaskan maksud infak dalam hadist di atas adalah yang wajib. Misal, memberi nafkah keluarga serta nafkah untuk menjalin hubungan kekerabatan (silaturahim).

Lebih lanjut, Ibnu Batthol mengatakan bahwa doa malaikat sangat mudah terkabul. Dalilnya sebagai berikut:

"Siapa yang bacaan aminnya itu seiringan dengan amin malaikat, maka dosanya yang lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no. 6402).

Dalam hadits tersebut menjelaskan bahwa siapa yang beri nafkah pada keluarga, pada kerabat, dan rajin pula mengeluarkan sedekah sunnah, maka malaikat akan mendoakan supaya orang tersebut mendapatkan ganti. Hal ini sesuai dengan ayat Al Quran,

"Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)." Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya" (QS. Saba: 39).

Sumber: Ibrahim Abbad

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel