Melihat Isi Meja Makan Rasulullah

Meja makan dan piring silih berganti dipajang di rumah para pembesar kaum dan para penguasa. Namun lain halnya dengan hidangan di rumah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Padahal negara beserta rakyat berada di bawah kekuasaan Nabi umat Islam itu. Unta yang penuh dengan muatan tiada henti-hentinya datang kepada beliau. Emas dan perak selalu terhampar di hadapan beliau. 

Tahukah Anda makanan dan minuman beliau? Apakah seperti hidangan para raja? Atau lebih mewah dari itu? Ataukah seperti hidangan orang-orang kaya dan bergelimang harta? Atau lebih lengkap dan lebih komplit? 

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Janganlah terkejut melihat hidangan Rasulullah yang sederhana. Anas bin Malik mengungkapkan kepada kita sebagai berikut, "Rasulullah tidak pernah makan siang dan makan malam dengan daging beserta roti kecuali bila menjamu para tamu." (Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi).

Aisyah mengungkapkan, "Keluarga Muhammad tidak pernah makan roti gandum sampai kenyang dua hari berturut-turut hingga beliau wafat." (Diriwayatkan oleh Muslim).

Bahkan Rasulullah pernah tidak mendapatkan sesuatu untuk dimakan. Hingga beliau tidur dalam keadaan lapar, tidak ada sesuap makanan pun yang mengganjal perut beliau. Ibnu Abbas menuturkan sebagai berikut:

"Rasulullah dan keluarga beliau tidur dalam keadaan lapar selama beberapa malam berturut-turut. Mereka tidak mendapatkan hidangan untuk makan malam. Sedangkan jenis roti yang sering mereka makan adalah roti yang terbuat dari gandum." (Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi).

Keadaan seperti itu bukan karena beliau tidak punya atau kekurangan harta. Justru harta melimpah ruah berada dalam genggaman beliau dan harta-harta pilihan diusung ke hadapan beliau. Akan tetapi, Allah memilihkan keadaan yang paling benar dan sempurna bagi Nabi-Nya.

Aisyah mengisahkan, "Pada suatu hari, Rasulullah datang menemuiku. Beliau bertanya, 'Apakah kamu masih menyimpan makanan?' Aisyah menjawab, "Tidak ada!' Beliau berkata, 'Kalau begitu aku berpuasa'." (Diriwayatkan oleh Muslim).

Dalam sebuah riwayat yang shahih disebutkan bahwa Rasulullah dan keluarganya pernah selama sebulan atau dua bulan hanya memakan Aswadan, yaitu kurma dan air. (Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim).

Meskipun hidangan yang beliau makan sangat sederhana dan sedikit, namun beliau tidak pernah lupa mensyukuri nikmat Allah subhanallahu wa taala. Sebagai cerminan dari akhlak beliau yang luhur dan etika Islami yang agung Begitu pula.

Beliau tidak lupa berterima kasih kepada orang yang menghidangkannya, serta tidak mencela bila ada hal yang kurang berkenan. Sebab, meskipun orang yang memasaknya telah berupaya sebaik mungkin, akan tetapi kekurangan itu pasti selalu ada. 

Oleh sebab itu, Rasulullah tidak pernah mencela makanan dan orang yang memasaknya. Beliau tidak akan menolak makanan yang disajikan dan tidak menuntut yang tidak tersaji. Beliau adalah Nabi umat ini, perhatian beliau tidaklah tertumpu pada masalah perut dan makanan.

Sumber: Buku Sehari di Kediaman Rasulullah Karya Abdul Malik bin Muhammad al-Qasim

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel