Masya Allah! Sudah Terkubur 3 Tahun, Jasad Kiai di Sampang Tetap Utuh dan Wangi

Seseorang yang telah meninggal dunia dan terkubur jasadnya akan melebur dengan tanah. Namun berbeda dengan seorang kiai di Sampang. Jasadnya masih utuh padahal sudah 3 tahun dikebumikan, jasadnya juga tercium wangi.

Masyarakat Kampung Langpanggang, Dusun Banbalang, Desa Batoporo Barat, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura kagum akan jasad KH Ahmad Baidowi itu. 

Kejadian langka itu diketahui saat sang anak KH Sufyan Ahmad menemukan makam ambruk akibat guyuran hujan deras pada Senin (23/11/2020).

Jasad Kiai Baidowi setelah dikafan kembali. (Foto: net)

"Biasanya kan ada bau seperti kayak busuk, tapi ini enggak. Posisinya juga masih seperti semula," ujar Kiai Sufyan seperti umma kutip dari detikcom, Jumat (27/11/2020).

Sufyan menceritakan akibat ambruk, makam abahnya juga sempat tergenang air akibat hujan deras. Namun, air tersebut juga tidak mengeluarkan bau.

"Karena (di dalam liang lahad) airnya masih banyak, kan biasanya airnya bau. Tapi itu enggak," ucapnya.

Melihat makam abahnya ambruk, pihak keluarga langsung memperbaiki dengan dibantu masyarakat sekitar. Kiai Sufyan mengaku terkejut saat melihat jenazah orang tuanya masih utuh. Bahkan, rambut Kiai Baidowi juga ditemukan masih ada.

"Terus diperbaiki sama santri, kemudian banyak masyarakat yang datang saat itu. Karena itu amblesnya dalam. Oleh saya disuruh perbaiki sampai ke dalam. Ternyata di dalamnya, pembatas antara mayat itu ternyata patah semua. Tapi alhamdulillah mayatnya tidak berubah, masih utuh," katanya.

Namun, Kiai Sufyan tidak memperkenankan orang lain untuk masuk ke liang lahad dan memegang jenazah. Proses perbaikan makam Kiai Baidowi dilakukan dengan mengganti kain kafan. Tetapi tanpa memindahkan jasad dan mengubah posisinya.

"Terus mayat tidak disentuh santri atau masyarakat. Memang tidak saya perbolehkan. Saya minta posisinya jangan diubah, jadi seperti yang ada," ucapnya.

Sosok Kiai Baidowi merupakan kiai yang senang memberikan ajaran agama bagi masyarakat di kampungnya. Kyai Baidowi wafat tiga tahun lalu dan dikebumikan di sisi utara Masjid Darul Iman.

Source: UMMA.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel