Bikin Haru, Mahasiswa IAIN Purwokerto Langsungkan Wisuda Online di Depan Makam Ayah

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, berbagai kegiatan dilakukan secara virtual. Begitu juga momen wisuda di sejumlah universitas.

Sejatinya wisuda adalah momen yang membahagiakan bagi sang mahasiswa dan keluarga. Namun tidak bagi Mochamad Nadif Nasrulloh (23), momen tersebut justru berlangsung dengan haru dan membuat terenyuh.

Tak seperti kebanyakan mahasiswa yang memilih lokasi di rumah dan ditemani oleh kedua orang tua di saat wisuda. Lokasi yang dipilih nadif untuk wisuda virtual sunggub tak terduga.

Nadif saat melangsungkan wisuda online. (Foto: net)

Nadif memilih melangsungkan wisuda virtual di depan makam sang ayah. Beralaskan matras, mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto itu duduk di depan laptop dan ponsel miliknya.

Dia pun tampak khidmat mengikuti prosesi wisuda meski di areal pemakaman yang berjarak sekitar satu kilometer dari rumahnya. Nadif pun tampak bersama seorang teman yang membantunya memindahkan kuncir toga.

Usai mengikuti wisuda, warga Desa Karangsari, Kecamatan Punggelan Banjarnegara itu juga sempat membersihkan areal makam ayahnya, almarhum Ali Maksum. Anak bungsu dari 16 bersaudara itu juga terlihat mendoakan bapaknya sebelum pergi meninggalkan makam.

Nadif mengaku punya alasan tersendiri mengapa dirinya melakukan wisuda virtual di makam sang ayah. Menurut Nadif sang ayah berpesan agar segera menyelesaikan kuliahnya karena ingin melihat anaknya diwisuda.

Nadif melangsungkan wisuda online di depan makam ayah. (Foto: net)

Namun takdir berkata lain, sang ayah justru telah berpulang sebelum Nadif diwisuda. Sehingga untuk mewujudkan keinginan sang ayah melihatnya wisuda, dirinya sengaja melakukan wisuda virtual di depan makan ayahnya.

"Jadi sekarang karena bapak sudah tidak ada, dan kebetulan wisuda dilakukan secara virtual, makanya saya sengaja mengikuti wisuda di sini (makam bapaknya)," ujar Nadif yang diwisuda pada Selasa (24/11/2020).

Dia pun berharap ayahnya bisa turut merasakan kebahagiaannya lulus dari jurusan hukum ekonomi syariah di IAIN Purwokerto.

"Semoga bapak bisa bangga dan bisa merasakan anak terakhirnya bisa menjadi kebanggaan keluarga,” harap Nadif.

Sumber: umma.id

Belum ada Komentar untuk "Bikin Haru, Mahasiswa IAIN Purwokerto Langsungkan Wisuda Online di Depan Makam Ayah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel