7 Amalan Sederhana yang Akan Dibalas Dengan Istana di Surga

Berikut ini merupakan sebagian amalan yang telah dikhabarkan oleh rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwasanya barangsiapa yang mengamalkannya hendak allah bangunkan untuknya istana di jannah (surga).

1. orang yang membangun masjid karna allah
dari utsman bin ‘affan radhiallahu ‘anhu bahwasanya rasulullah ‘alaihis shalatu was salam bersabda,

“barangsiapa membangun masjid karna mengharap muka allah, hingga hendak allah bangunkan untuknya suatu istana di jannah. ” (hr. al - bukhari dan juga muslim)

dalam kasus ini terdapat sebagian hadits, di antara lain yakni,

hadits kesatu: dari ali radhiallahu ‘anhu yang diriwayatkan oleh ibnu majah (nomor. 744) dan juga dishahihkan oleh al - albani dalam shahihul jami’ (nomor. 6127)

hadits kedua: dari jabir radhiallahu ‘anhu yang diriwayatkan oleh ibnu majah (nomor. 745) dan juga dishahihkan oleh ibnu khuzaimah dalam shahihnya (nomor. 1292) , al - albani dalam shahih al - jami’ (nomor. 6128) , dan juga (muqbil) al - wadi’i dalam ash - shahih al - musnad (nomor. 224)

hadits ketiga: dari ibnu ‘abbas radhiallahu ‘anhuma yang diriwayatkan oleh ahmad (nomor. 2156) dan juga dishahihkan oleh al - albani dalam shahih al - jami’ (nomor. 6129)

hadits keempat: dari amr bin ‘abasah radhiallahu ‘anhu diriwayatkan oleh ahmad (nomor. 19386) dan juga dishahihkan oleh al - albani dalam shahih al - jami’ (nomor. 6130)

hadits kelima: dari ibnu umar radhiallahu ‘anhuma diriwayatkan oleh ibnu majah dan juga dishahihkan al - albani dalam shahih al - jami’ (nomor. 6130)

hadits keenam: dari umar bin al - khattab radhiallahu ‘anhu diriwayatkan ibnu majah (nomor. 742) , dan juga ibnu hibban dalam shahihnya (nomor. 1606) , dan juga dishahihkan al - albani dalam sunan ibnu majah (nomor. 742)

hadits ketujuh: dari abu dzar al - ghifari radhiallahu ‘anhu dan juga ibnu hibban dalam shahihnya (nomor. 1608)

2. membaca tulisan al - ikhlas sebanyak 10 kali (dalam satu hari)
dari mu’adz bin anas radhiallahu ‘anhu dia mengatakan, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“barangsiapa membaca qul huwallahu ahad sampai menyelesaikannya sebanyak 10 kali, hingga hendak allah bangunkan untuknya suatu istana di jannah. ”

diriwayatkan ahmad (nomor. 155788) dan juga al - albani mengatakan di dalam ash - shahihah (nomor. 589) , “hasan dengan syawahid (penguat) nya. ”

3. shalat dhuha 4 raka’at dan juga qobliyah zhuhur 4 raka’at
dari abu musa radhiallahu ‘anhu bahwasanya nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“barangsiapa shalat dhuha 4 raka’at dan juga saat sebelum (shalat) yang kesatu (ialah zhuhur) 4 raka’at, hingga hendak dibangunkan untuknya istana di jannah. ”

diriwayatkan ath - thabarani dalam al - ausath (1/59) , al - albani mengatakan dalam ash - shahihah (nomor. 2349) , “sanadnya hasan”

4. shalat 4 raka’at qobliyah zhuhur, 2 raka’at setelahnya, 2 raka’at sehabis maghrib, 2 raka’at sehabis isya’, dan juga 2 raka’at saat sebelum shalat fajar (shubuh).
dari ummu habibah radhiallahu ‘anha mengatakan, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“barangsiapa melaksanakan shalat sunnah sebanyak 2 belas raka’at dalam satu hari tadi malam, hingga hendak allah bangunkan untuknya istana di jannah. ” diriwayatkan muslim (nomor. 728) , abu daud (nomor. 1136) , dan juga ibnu hibban dalam shahihnya (nomor. 2442)

dalam lafazh at - tirmidzi dan juga dishahihkannya, “barangsiapa melaksanakan shalat (sunnah) sebanyak 2 belas raka’at dalam satu hari tadi malam, hingga hendak dibangunkan untuknya istana di jannah, ialah: 4 raka’at saat sebelum zhuhur, 2 raka’at setelahnya, 2 raka’at sehabis maghrib, 2 raka’at sehabis isya’, dan juga 2 raka’at saat sebelum shalat al - ghodah (ialah shalat shubuh). ” dishahihkan ibnu khuzaimah dalam shahihnya (nomor. 1188) , ibnu hibban dalam shahihnya (nomor. 2443) , dan juga al - albani dalam al - jami’ (nomor. 6362)

riwayat ini mempunyai penguat dari aisyah radhiallahu ‘anha bahwasanya rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“barangsiapa yang terus menerus mengerjakan 2 belas raka’at shalat sunnah, hingga hendak allah bangunkan untuknya suatu istana di jannah, ialah: 4 raka’at saat sebelum zhuhur dan juga 2 raka’at setelahnya, 2 raka’at sehabis maghrib, 2 raka’at sehabis isya’, dan juga 2 raka’at saat sebelum (shalat) fajar. ” al - mubarakfuri dalam at - tuhfah (2/255) berkata, “sanadnya tidak turun dari derajat hasan. ”

5. perangai yang baik, meninggalkan perdebatan dan juga kedustaan
dari abu umamah radhiallahu ‘anhu mengatakan, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“aku hendak menjamin dengan istana di pinggiran jannah untuk orang yang meninggalkan perdebatan meski pada posisi benar, saya menjamin dengan istana di tengah jannah untuk orang yang meninggalkan dusta meski lagi bercanda, dan juga saya menjamin dengan jannah yang amat besar untuk orang yang baik perangainya. ” diriwayatkan abu daud, dan juga dikatakan oleh al - albani dalam ash - shahihah (nomor. 273) : “hasan dengan penguat - penguatnya. ”

6. bersabar dan juga mengharap pahala kala anaknya meninggal
dari abu musa al - asy’ari radhiallahu ‘anhu mengatakan, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“apabila anak seseorang hamba wafat dunia, hingga allah berfirman kepada malaikat - nya, ‘apakah kamu mencabut nyawa anak hamba - ku? ’

malaikat menanggapi, ‘benar’,

allah berfirman lagi, ‘apakah kamu mencabut nyawa buat hati hamba - ku? ’

malaikat menanggapi, ‘benar’

allah berfirman, ‘apa yang dikatakan oleh hamba - ku? ’

malaikat menanggapi, ‘dia menyanjung engkau dan juga beristirja’ (mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, pen) ,

hingga allah berfirman, ‘bangunkan buat hamba - ku tersebut suatu istana di jannah dan juga namailah istana tersebut dengan baitul hamdi (istana pujian). ”

diriwayatkan at - tirmidzi (nomor. 1021) dan juga dia mengatakan, “hadits hasan gharib. ” dan juga dishahihkan ibnu hibban (nomor. 2937)

7. berdo’a kala merambah pasar
dari salim bin abdullah bin umar dari ayahnya radhiallahu ‘anhuma bahwasanya rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “barangsiapa mengatakan di pasar,
لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، له الملك وله الحمد يحيي ويميت وهو حي لا يموت بيده الخير وهو على كل شيء قدير

(maksudnya) tidak terdapat sesembahan yang hak diibadahi tidak hanya allah semata dan juga tidak terdapat sekutu bagi - nya. bagi - nya kerajaan dan juga bagi - nya seluruh pujian. ia maha menghidupkan dan juga maha mematikan, ia hidup tidak mati, di tangan - nya lah seluruh kebaikan. dan juga ia maha sanggup atas seluruh suatu. ”

hingga allah hendak menuliskan untuknya satu juta kebaikan dan juga menghapuskan darinya satu juta kejelekan, dan juga hendak dibangunkan menurutnya suatu istana di jannahh. ”

diriwayatkan at - tirmidzi (nomor. 3429) dan juga dihasankan al - albani. mengatakan al - hakim dalam al - mustadrak (1/539) , “hadits shahih. ”

ditulis oleh: badar bin muhammad al - badar






( sumber: warisansalaf. com )

Belum ada Komentar untuk "7 Amalan Sederhana yang Akan Dibalas Dengan Istana di Surga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel