Mau Doa Cepat Terkabul? Penting Perhatikan 6 Adab Ini

Sering berdoa? Lebih sering mendikte Allah Ta'ala dengan berbagai keinginan kita ketimbang berbincang mesra nan syahdu kepada sang pencipta? 

Jangan-jangan, doa-doa yang kita panjatkan tak kunjung terkabul lantaran kita meremehkan adab-adab dalam berdoa. Yuk, pahami 6 adab berdoa di bawah ini:

1. Kemauan teguh dalam berdoa dan yakin bahwa Allah akan mengabulkannya

"Apabila salah seorang dari kamu berdoa, hendaknya ia berkemauan teguh dalam memohon. Jangan sekali-kali dia berkata, 'Ya Allah, jika Kamu menghendaki, berilah aku.' Sesungguhnya tidak ada keterpaksaan bagi Allah." (HR Bukhari dan Muslim)

2. Tidak merasa letih dan tiada henti-hentinya berdoa, sehingga doa bersifat terus-menerus dan tidak menganggap Allah Ta'ala terlambat mengabulkan

3. Khusyuk berdoa dengan merendahkan diri dan suara yang lembut

"Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas." (QS Al-A'raf ayat 55)

4. Memohon kepada Allah Ta'ala dengan nama-nama-Nya yang agung dan sifat-sifat-Nya yang mulia

"Hanya milik Allah Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu." (QS Al-A'raf ayat 180)

5. Berdoa dengan perantara amal-amal baik yang pernah dilakukan dengan tulus dan ikhlas

6. Menjaga makanan yang masuk ke tubuh, yakni yang halal lagi baik

Hal di atas adalah sebagian dari adab-adab dalam berdoa yang bisa kita lakukan. Jangan lupakan pula, adab-adab lain seperti seperti mengangkat tangan atau menghadap kiblat. Semoga Allah Ta'ala mengabulkan segala keinginan kita. Aamiin. 

Sumber: umma.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel