TIPS Untuk Kamu yang Ingin Segera Nikah! Sebelum Menikah, Selidiki Hal Ini Dulu Dari Calon Anda



Memiliki jodoh yang terbaik adalah keinginan semua manusia. Namun, tentu pula jodoh adalah rahasia Allah. Sebagai hambaNya, tentu kita terus berdoa yang terbaik dan berikhtiar yang baik juga.
Perjalanan untuk memperoleh jodoh ini ternyata tidak semudah mengedipkan mata. Dalam Islam, ada sebuah proses yang disebut ta’aruf. Proses ini lah yang dilalui sebelum khitbah hingga sampai pada keputusan untuk menikah. Calon pasangan yang akan saling berjodoh itu diberikan kesempatan untuk saling mengenal sesuai dengan tata cara yang syar’i.
Agar tidak salah dalam memilih pasangan, ada cara khusus untuk mengenalnya sebelum melangkah ke jenjang pernikahan, yaitu dengan melihat interaksinya dengan empat pihak. Siapa saja mereka?
1.  Tentu saja Allah SWT.
Kedekatan si dia dengan Allah secara dzohir dapat diselidiki dari ketaatannya dalam menjalankan ibadah sholat. Sebuah hadis diriwayatkan Abu Dawud dan Ibnu Majah, “Barang siapa yang mendengar adzan dan ia tidak mendatanginya, maka tidak ada sholat baginya kecuali bila ada uzur.” Jadi, perhatian si dia terhadap sholat dan ibadah sunah lainnya bisa jadi pertimbangan utama untuk menentukan pilihan.
2. Ibunya.
Interaksi dengan ibu sangat penting untuk melihat sikap atau karakternya. Konon, laki-laki yang menghormati dan bertanggung jawab terhadap keluarga adalah laki-laki yang menyayangi ibunya.

3. Teman bergaulnya.
Hal ini jelas disampaikan dalam hadis Rasulullah SAW, “Teman yang baik bagimu ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atauengkau mungkin membeli minyak wangi darinya dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sementara pandai besi bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR Bukhori dan Muslim).
4. Anak-anak.
Mengetahui sifat seorang laki-laki terhadpa anak-anak, sedikitnya bisa menggambarkan bagaimana sikapnya kelak terhadap anaknya.
Penyelidikan terhadap keempat hal itu boleh saja dilakukkan untuk lebih meyakinkan diri dalam menentukan pilihan terhadap si dia yang akan menjdai jodoh kita.[]
Sumber:Jodoh Tak Mau Menunggu/Tim Penulis Instagram/VisiMedia 

Belum ada Komentar untuk "TIPS Untuk Kamu yang Ingin Segera Nikah! Sebelum Menikah, Selidiki Hal Ini Dulu Dari Calon Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel