Tahukah Kamu, Begini Kriteria Jodoh Yang Baik Menurut Islam



Saat kita sedang berkumpul dengan keluarga, teman, atau pun kerabat yang lainnya, mungkin kita sangat sering ditanya banyak hal. Dan salah satu pertanyaan yang jawabannya cukup membingungkan adalah ‘kapan punya jodoh?’ Atau mungkin ‘Sendiri mulu? Jodohnya mana?’. Ya, pertanyaan semacam itu memang sangat sering kita dengar, baik pertanyaan yang mengarah kepada kita, atau mungkin mengarah pada orang di dekat kita. Untuk bisa menjawab pertanyan semacam itu dengan mulut memang sebenarnya mudah.
Tapi, untuk bisa menjawabnya dengan tindakan sebenarnya sama sekali tidak mudah, karena perbincangan tentang jodoh memang bukanlah hal yang main-main. Karena jodohlah yang nantinya akan menjadi teman bagi kita dalam mengarungi kehidupan rumah tangga. Bagaimanapun juga, jodoh adalah salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan kita. Jodoh kita akan menemani kita sepanjang waktu, dan tentunya kita juga akan bersama dengan jodoh kita untuk menemani hari-hari kita. Karenanya, kita harus pandai-pandai memilih jodoh untuk diri kita sendiri.
Bagi seorang Muslim atau Muslimah, tentu memilih jodoh bukan hal yang mudah. Karena jika salah memilih jodoh, dampaknya tidak hanya akan terjadi selama satu atau dua tahun saja, tapi juga sepanjang waktu. Karenanya, akan sangat baik jika kita memilih jodoh dengan menggunakan tuntunan Islam. Lalu, bagaimana cara memilih jodoh yang baik menurut Islam?
Dalam kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan sajian informasi tentang Kriteria Jodoh Yang Baik Menurut Islam. Dan berikut ini adalah beberapa krtieria jodoh yang baik menurut Islam 
1.) memiliki dasar pendidikan agama dan akhlak yang baik
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam surah Al-baqarah yang artinya
Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang Mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun ia menarik hatimu … .” (QS. Al Baqarah : 221)
Dari Firman Allah SWT diatas, maka kita tidak boleh menikah dengan wanita ataupun laki-laki yang musyrik sebelum meraka beriman, dan kita di dianjurkan untuk menikah dengan lelaki ataupun perempuan yang di ridhai agama dan akhlaknya. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.jadi kriteria pertama jika kita ingin mencari seorang jodoh menurut kriteria Islam adalah dilihat dari agama dan akhlak yang dimilikinya
2.) Baik dipandang karena ketampanan atau kecantikannya
Kriteria berikutnya yang perlu kita pertimbangkan dalam memilih jodoh adalh bagian fisiknya. Baik ketampanan maupun kecantikannya. Allah Ta’ala berfirman,
Dan di antara tanda kekuasaan Allah ialah Ia menciptakan bagimu istri-istri dari jenismu sendiri agar kamu merasa tenteram denganya.” (QS. Ar Ruum: 21)
Rasulullah SAW dalam sebuah hadistnya juga menyebutkan tentang hal ini.
Jika memandangnya, membuat suami senang.” (HR. Abu Dawud. Al Hakim berkata bahwa sanad hadits ini shahih)
3.) Nasabnya Baik
Hal ketiga yang juga perlu kita pertimbangkan dalam memilih jodoh adalah nasab atau keturunannya. Hal ini terbilang penting, karena keluarga yang baik akan melahirkan wanita atau pria yang baik pula. Selain itu, dalam masyarakat kita saat ini jika terjadi kasus hubungan seksual di luar nikah, biasanya keduanya akan di nikahkan lalu masalah selesai. Padahal, sebenarnya jika kejadiannya semacam itu maka nasab anak yang dilahirkan harus lah ikut kepada si wanitanya atau ibunya. Hal ini mungkin masih dianggap tidak penting oleh sebagian masyarakat. Padahal sebenarnya hal ini terbilang cukup serius. Anak yang lahir dari hasil zina, apabila dia perempuan, maka suami dari ibunya tidak boleh menjadi wali dalam pernikahannya. Jika ia menjadi wali maka pernikahannya tidak sah, dan jika keduanya berhubungan intim dalam keadaan pernikahan yang tidak sah, maka sama saja dengan perzinaan. Hal inilah yang membuat seorang harus tau nasab calon pasangannya ketika hendak meminang.
4.) Hartanya
Kriteria yang juga perlu di pertimbangkan dalam memilih jodoh adalah harta. Bagaimanapun juga, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan rumah tangga. Karena memang sudah sangat banyak keluarga yang harus berpisah karena masalah ini. Jadi, dalam memilih jodoh usahakanlah Hal ini juga sesuai dengan hadist yang telah ditulis di atas, yakni ;
Dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, beliau bersabda:
“Perempuan itu dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya, lalu pilihlah perempuan yang beragama niscaya kamu bahagia.” (Muttafaqun ‘Alaihi).
Demikian tadi sajian informasi tentang kriteria memilih jodoh yang baik menurut Islam. Kami memohon maaf jika dalam penyajian informasi ini terdapat banyak sekali kesalahan dan kekurangan. Karena sebagai manusia biasa kami juga tidaklah luput dari segala macam kesalahan dan dosa. Semoga dengan ini kita akan dapat lebih bijak dalam menjalani kehidupan sebagai seorang muslim, dan semoga kita senantiasa berada dalam lindungan-Nya. Amiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel