Kenapa Rasulullah Menyuruh Mematikan Lampu Ketika Hendak Tidur, Ini Alasannya..



Dahulu Rasulullah SAW memerintahkan umat muslim untuk mematikan lampu-lampu dikala malam hari tiba ketika hendak tidur. Dan sekarang, perintah tsb dianggap sebagai bentuk mukjizat ilmiah Nabawiyah, sebab dari penelitian modern membuktikan bahwa efek cahaya berlebihan pada saat malam hari ternyata berdampak buruk terhadap perkembangan manusia dan lingkungannya.
Perintah dari Rasulullah SAW untuk mem4tikan lampu ketika hendak tidur di malam hari diriwayatkan dalam berbagai hadis-hadis; Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma dia berkata;Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu hendak tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman” (HR.Muttafaq’alaih).
Rasulullah bersabda mengenai hal itu lebih dari 14 abad yang lalu. Ternyata, diabad modern ini baru diketahui manfaat kesehatan dari tuntunan Rasulullah untuk memadamkan lampu ketika hendak mau tidur.
Dari segi Agama dan Kesehatan terdapat alasan, kenapa kita harus mematikan lampu ketika hendak tidur. Apa saja alasan dari segi agama? dan dari segi kesehatan? Ternyata ini tohh. dari segi kesehatan gak diduga loh..Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: “ Pada suatu malam terjadi kebakaran di salah satu rumah penduduk di Madinah (ketika penghuninya tertidur). Lalu hal itu diceritakan kepada Rasulullah SAW.” Beliau bersabda: “ Sesungguhnya api ini adalah musuh kalian, karena itu apabila kalian hendak tidur, maka padamkanlah ia lebih dahulu.” (HR. al-Bukhari)Rasulullah SAW bersada: “ Apabila malam telah datang (setelah matahari tenggelam), tahanlah anak-anak kalian (dari keluar rumah), karena setan bertebaran ketika itu. Apabila telah berlalu sesaat dari waktu ‘Isya biarkanlah mereka, tutuplah pintumu, dan matikanlah lampu serta sebutlah nama Allah” (HR. Al-Bukhari)
Ahli biologi Joan Robert mengungkapkan bahwa tubuh hanya bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Untuk dari segi kesehatan ada juga loh.. Ini dia alasannya jangan menghidupkan lampu ketika tidur.
Hormon melatonin ini merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit, termasuk diantaranya kanser payudara dankanser prostat.
Orang yang tidur dalam masa keadaan gelap, maka tubuhnya bisa memproduksi hormon ini.Sebaliknya, bila tidur dengan lampu menyala di malam hari, sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon melatonin terhenti..
Penting tidur di malam hari dengan mematikan lampu juga diteliti oleh para ilmuwan dari negeri Barat. ilmuan menemui bahwa ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa megaktifkan secara berlebihan sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanser.Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia yang diadakan di London juga menyatakan bahwa seseorang boleh menderita kanser akibat terlalu sering memakai lampu waktu tidur di malam hari dibandingkan dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.
Subhanallah… demikian luar biasa tuntunan Rasulullah. Setelah berabad-abad lamanya, hikmah perobatannya baru terungkap.
Wallahu a’lam bish shawab.
Sebarkan ini wahai saudaraku agar saudara kita yang lain mengetahuinya …
via : http://garis-muslim.blogspot.co.id/2016/08/kenapa-rasulullah-menyuruh-mematikan.html

Belum ada Komentar untuk "Kenapa Rasulullah Menyuruh Mematikan Lampu Ketika Hendak Tidur, Ini Alasannya.."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel