Mengajak Istri Jalan-jalan Ternyata Pahalanya Lebih Besar Dari Itikaf di Masjid

Apa yang kamu miliki apabila dengan ikhlas menemani seseorang teman ataupun orang terdekat kamu beli benda benda kebutuhan satu hari hari?

tentu banyak yang berpikir bahwa apa yang sudah kita kerjakan hanya berbalas pahala dan perkataan terima kasih aja.

tetapi berubah bila perihal itu kita jalani buat si istri. bisa jadi banyak diantara para suami yang belum ketahui bila pahala menemani istri jalan - jalan dapat lebih baik dari pahala i’tikaf di masjid nabawi sebulan penuh.

keikhlasan suami tersebut nyatanya diganjar pahala besar terlebih lagi lebih besar dari yang kita pikirkan.

dari ibnu ‘umar, nabi shallallahu‘alaihi wasallam bersabda;
أَحَبُّ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ , وَأَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ , أَوْ تَكَشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً , أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْنًا , أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوعًا , وَلأَنْ أَمْشِيَ مَعَ أَخِ فِي حَاجَةٍ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ يَعْنِي مَسْجِدَ الْمَدِينَةِ شَهْرًا

“manusia yang amat dicintai oleh allah merupakan yang amat membagikan khasiat untuk manusia. ada juga amalan yang amat dicintai oleh allah merupakan membikin muslim yang lain senang, mengangkut kesulitan dari teman , membayarkan utangnya ataupun menyirnakan kerasa laparnya. begitu saya berjalan berbarengan saudaraku yang muslim buat suatu keperluan lebih saya cintai daripada beri’tikaf di masjid ini - masjid nabawi - sepanjang sebulan penuh. ” (hr. ath - thabarani)

syaikh muhammad bin shalih al - ustaimin rahimahullah mengatakan;

”menunaikan keperluan kalangan muslimin lebih utama dari pada iktikaf, lantaran faedahnya lebih menyebar, khasiat ini lebih baik dari pada khasiat yang terbatas (buat seorang diri). kecuali khasiat terbatas tersebut merupakan masalah yang berarti dan wajib dalam islam (semisal shalat harus). ”

hadist diatas sesungguhnya bertabiat universal, menolong keperluan sesama muslim aja ganjaran melebihi pahala beriktikaf di masjid nabawi satu bulan penuh.

begitu mulianya kita apabila ikhlas meski hanya menemani teman berjalan buat membahagiakannya.

jadi terlebih ikhlas itu dicoba kepada istri kamu bagaikan orang yang amat berhak buat dibahagiakan didunia ini.

rasullulah saw pula bersabda;

”orang yang imannya amat prima di antara kalangan mukminin ialah orang yang amat bagus akhlaknya diantara mereka, dan sebaik - baik kamu ialah yang amat baik akhlaknya pada istri - istrinya. ” (hr at - thirmidzi)

jadi duhulukanlah istrimu daripada rekan - rekan mu. pahami keinginannya kemudian temani istri dan kanak - kanak mu ataupun keluargamu karena merekalah yang amat mempunyai hak mendapatkan kebaikan dari dirimu (suami).

walaupun cuma sekadar berangkat temani istri dan kanak - kanak berbelanja ataupun jalur jalur asal dengan kerasa senang dan ikhlas dikerjakan, ganjarannya pahala yang menanti mampu melebihi dari iktikaf di masjid nabawi satu bulan penuh.

wallahu a’lam.

mudah - mudahan berguna buat yang membaca.






( sumber: radarislam. com )

Belum ada Komentar untuk "Mengajak Istri Jalan-jalan Ternyata Pahalanya Lebih Besar Dari Itikaf di Masjid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel