MasyaAllah !! Ternyata Ada Hikmah dibalik Keguguran dan Kematian Anak dalam Islam,, ini Penjelesannya.. Tolong sebarkan

Terdapat hikmah dibalik keguguran dan juga kematian anak dalam islam, , ini penjelesannya.. tolong sebarkan

saudaraku, buah hati tentu jadi idaman untuk tiap orang tua spesialnya bunda, tetapi sering - kali pada masa isi, buah hati yang lagi di milikinya hadapi keguguran, butuh dikenal inilah hikmahnya dibalik keguguran dan juga kematian dalam islam.
“dan ketahuilah, kalau hartamu dan juga anak - anakmu itu cumalah bagaikan cobaan dan juga sebetulnya di sisi allah - lah pahala yang besar. ” (q. s. (AL) anfal: 27)

teman sempat hadapi ketiadaan anak? baik keguguran ataupun anak wafat dunia saat sebelum umur baligh? tidak butuh bersedih hati, sebetulnya rasulullah shalallaahu ‘alaihi wassalam juga sempat hadapi ketiadaan buah hatinya.

rasulullah dikaruniai 7 orang anak, 6 hasil perkawinan dengan khadijah binti khuwailid. mereka yakni qasim, abdullah, zainab, ruqayyah, fatimah, ummu kultsum. seluruh anak lelaki rasulullah saw wafat sewaktu kecil. dapat dibayangkan betapa luar lazimnya rasulullah mengalami takdir dari allah tersebut?

kala rasulullah dianugerahi generasi dari istrinya yang lain, ialah maria angkatan laut (AL) qibthiyah, anak lelaki tersebut diberi nama ibrahim. tetapi umur ibrahim juga tidak lama, dia meninggal pada tahun 10 h dikala berumur 17 ataupun 18 bulan. rasulullah amat bersedih dengan kepergian putra kecilnya yang jadi penyejuk hatinya ini. kala ibrahim meninggal, rasulullah bersabda,

“sesungguhnya mata ini menitikkan air mata dan juga hati ini bersedih, tetapi kami tidak berkata suatu yang tidak diridhai rab kami. sebetulnya kami bersedih dengan kepergianmu wahai ibrahim. ” (hr. bukhari).

yang butuh kita tahu menimpa rahasia kematian kanak - kanak saat sebelum umur baligh antara lain:

1. anak tersebut langsung masuk ke dalam surga tanpa hisab

“tiap - tiap anak orang islam yang mati saat sebelum baligh hendak dimasukkan ke dalam syurga dengan rahmat allah. ” (hr. bukhari dan juga muslim)

2. kanak - kanak tersebut hendak membawakan dan juga bapaknya -  ayah dan juga bundanya' href='ibu dan juga bapaknya'>ibu dan juga bapaknya bapaknya'>ibu dan juga bapaknya buat masuk pula ke dalam surga

bagi hadits qudsi:

allah swt berfirman pada harui kiamat kepada kanak - kanak:
“masuklah kamu ke dalam surga! ”
kanak - kanak itu mengatakan: “ya rabbi (kami menunggu) sampai bapak bunda kami
masuk. ”

kemudian mereka mendekati pintu syurga! tetapi tidak ingin masuk ke dalamnya. allah
berfirman lagi: “mengapa, saya amati mereka enggan masuk? masuklah
kalian
kedalam surga! ”

mereka menanggapi: “tetapi (gimana) orang tua kami? ” allah juga berfirman:
“masuklah kamu ke dalam syurga berbarengan orang tua kamu. ”

(hadits qudsi riwayat ahmad dari syurahbil bin syua’ah yang bersumber dari
teman nabi saw)

diriwayatkan dari anas ra: ”rasulullah saw bersabda, bukanlah seseorang muslim kematian 3 anaknya yang belum baligh, kecuali, allah tentu hendak memasukkannya ke dalam surga berkat kasih sayang - nya kepada anak - anaknya tersebut, ” (hr bukhori muslim).

3. allah tidak sempat membebani suatu di luar kandungan kesanggupan hamba - nya

“allah tidak membebani seorang melainkan setimpal dengan kesanggupannya. dia menemukan pahala dari (kebajikan) yang diusahakannya dan juga dia menemukan siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa) , `ya tuhan kami, janganlah engkau hukum kami bila kami kurang ingat ataupun khilaf. ”

4. allah hendak berikan ubah yang lebih baik lagi, bila dan juga bapaknya -  ayah dan juga bundanya' href='ibu dan juga bapaknya'>ibu dan juga bapaknya bapaknya'>ibu dan juga bapaknya bersabar

sudah sempat mendengar cerita meninggalnya anak ummu sulaim? berikut kisahnya:

dikisahkan kalau anak thalhah merintih sakit, sebaliknya abu thalhah keluar rumah. setelah itu anak itu wafat dunia. kala abu thalhah kembali, dia bertanya, “bagaimana kondisi anakku? ”

ummu sulaim –ibu anak itu - menanggapi, “ia tenang serupa sedia ketika (yang diartikan merupakan wafat, sebaliknya abu thalhah mengira kalau anaknya itu dalam kondisi sehat). ”

setelah itu ummu sulaim sediakan makan malam buat abu thalhah. sehabis itu dia berhias diri, lebih menawan daripada lazimnya, sampai abu thalhah menggaulinya.

sehabis dia memandang kalau suaminya sudah membebaskan rindunya dan juga terasa puas, ummu sulaim mengatakan kepada suaminya, “wahai abu thalhah, gimana pendapatmu, bila sesuatu kalangan meminjamkan sesuatu pinjaman, apakah yang meminjam itu berhak menolak mereka bila memintanya berulang? ”

abu thalhah menanggapi, “tentu aja tidak! ” setelah itu ummu sulaim mengatakan, “demikian pula dengan anakmu. anakmu telah wafat, hingga mintalah pahala dari allah. ”

abu thalhah mengatakan sembari marah, “engkau telah membiarkan saya, sampai sehabis saya berjunub karna berteman denganmu, engkau beritahukan tentang anakku. ” setelah itu dia berangkat menghadiri rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam buat memberitahukan apa yang terjalin.

rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam membetulkan apa yang telah dikerjakan oleh ummu sulaim, kemudian bersabda: “semoga allah memberkahi malam kamu berdua. ”

setelah itu ummu sulaim melahirkan seseorang anak yang diberi nama abdullah oleh nabi sholallahu ‘alaihi wassalam dan juga salah seseorang di antara kalangan anshar mengatakan, “kemudian saya memandang 7 orang anak, seluruhnya pandai membaca angkatan laut (AL) quran, ialah kanak - kanak dari abdullah. seluruh itu, tidak lain karna dikabulkannya doa rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam kala dia berdoa, ‘ya allah, berikanlah berkah kepada mereka berdua. ’

wallaahualam. mudah - mudahan yang sedikit ini dapat berguna





( sumber: http:// reportase- islamiah. blogspot. co. id/2017/06/masyaallah-ternyata-ada-hikmah-dibalik. html )

Belum ada Komentar untuk "MasyaAllah !! Ternyata Ada Hikmah dibalik Keguguran dan Kematian Anak dalam Islam,, ini Penjelesannya.. Tolong sebarkan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel