Menurut Nabi Muhammad Salah Satu Ciri Penghuni Surga Adalah Berhati Seperti Burung, Ini Maksudnya

Masuk ke dalam surga menggambarkan impian tiap orang karna di dalamnya hendak dipadati bermacam kenikmatan dan juga kedamaian yang tiada ujungnya. keelokan surga juga melebihi dunia dan juga isinya sampai - sampai jadi tempat kesudahan yang senantiasa diusahakan supaya dapat tercapai.

tetapi bukan masalah yang gampang buat masuk ke dalam surga. walaupun demikian, rasulullah telah mengatakan identitas orang yang dapat masuk ke dalamnya. salah satunya dikatakan dalam hadist kalau orang yang jadi penunggu surga merupakan mereka yang mempunyai hati serupa burung.

penjelasan ini ada dalam hadist dari abu hurairah radhiyallahu ‘anhu yang mengatakan kalau rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “akan terdapat sekelompok orang yang masuk surga, hati mereka serupa hatinya burung. ” (hr ahmad dan juga muslim)

lalu gimana umat islam memaknai sabda rasulullah tersebut? disebutkan dalam kitab syarh shahih muslim kalau imam nawawi mengatakan terdapat 3 komentar yang memaknai sabda rasulullah tersebut.

1. hati yang lembut seperti burung
burung diidentikkan dengan sifatnya yang lembut dan juga rasulullah juga membagikan pujian kepada penduduk yaman karna kelembutan hati mereka.

rasulullah bersabda, “ada penduduk yaman yang tiba di tengah kamu. mereka manusia yang amat lembut hatinya. uraian agama banyak di yaman dan juga hikmah banyak di yaman. ” (hr bukhari muslim)

2. hati yang gampang cemas seperti burung
burung pula diketahui karna sifatnya yang penakut sampai - sampai manusia yang mempunyai hati serupa burung merupakan mereka yang gampang berulang kepada kebenaran dan juga bukan anti terhadap nasehat. mereka juga telah allah puji dalam  (AL) qur’an dengan gelar ulama.

allah berfirman, “yang cemas kepada allah diantara para hamba - nya merupakan ulama. ” (qs fathir 28)

3. hati yang tergantung dan juga bertawakal kepada allah
dalam bermacam penjelasan dipaparkan kalau burung identik dengan karakteristik tawakalnya seseorang hamba. salah satunya dalam hadist riwayat imam ahmad dan juga turmudzi.

rasulullah bersabda, “jika kamu bertawakal kepada allah dengan sebenar - benarnya, tentu allah hendak berikan rezeki kepada kamu sebagaimana burung diberi rezeki. ia berangkat dalam keadaan perut kosong dan juga kembali dalam keadaan perut kenyang. ” (hr ahmad dan juga turmudzi)

demikianlah karakteristik manusia yang hendak jadi penunggu surga dimana tetap lembut, cemas dan juga bertawakal kepada allah semata. wallahu a’lam






( sumber: kabarmakkah. com )

Belum ada Komentar untuk "Menurut Nabi Muhammad Salah Satu Ciri Penghuni Surga Adalah Berhati Seperti Burung, Ini Maksudnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel